Tips Sukses Berbisnis di Era Digital Dari Seminar Bisnis RBC & AL-FATIH

Tips Sukses Berbisnis di Era Digital Dari Seminar Bisnis RBC & AL-FATIH

Bismillahirrahmanirrahim

Perkembangan teknologi sangat pesat yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam metode pemasaran yang dilakukan oleh sejumlah pelaku usaha khususnya menengah ke atas. Mereka seakan dituntut untuk melakukan perubahan dari cara lama ke cara baru dengan memanfaatkan teknologi digital yang telah membaur dalam gaya hidup masyarakat.

Di tahun 95, pemasaran dilakukan dengan cara pemasangan iklan broadcast melalui TV. Pemasaran ini dikabarkan membutuhkan budget yang tidak sedikit.

“Kopiko mengeluarkan budget 40 miliar/tahun” kata Subianto, seorang pakar branding lebih dari 10 tahun.

Dalam Seminar Bisnis yang diadakan oleh sebuah produk kecantikan bernama RBC, beberapa tips yang dapat dilakukan untuk sukses di era digital.

  • Manfaatkan teknologi. Pengguna smart phone saat ini lebih dari 100ribu jiwa. Oleh karena ya, diperlukan adanya penyesuaian komunikasi produk kepada pelanggan. Salah suatu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi Dan sosial media. Beranjak dari hal tersebut, RBC tak mau ketinggalan. Mereka pun membuat aplikasi mobile yang dapat didownload di smartphone.
  • The power of emak-emak. Salah satu cara terbaru dalam pemasaran produk adalah memanfaatkan kekuatan sharing oleh ibu-ibu di sosial media. Tak bisa dipungkiri, banyak ibu-ibu jaman now yang suka membagikan konten-konten yang bagus. Oleh karenanya, upayakan konten yang dibuat adalah konten yang baik dan positif yang dengan mudah dapat dibagiakan oleh orang lain khususnya ibu-ibu
  • Punya mindset “Rejeki Berkah”. Ini salah satu hal yang penting juga dimiliki dalam berbisnis atau yang baru memiliki niat untuk memulai bisnisnya. Perlu ditanamkan bahwa dalam berbisnis yang kita cari adalah rejeki yang halal, berkah, dan jauhkan diri dari riba.
  • Bayar pajak. Seeing sekali kita luput dari hal ini. Jika memang kita memiliki wajib pajak maka laporkan dan bayarlah pajaknya agar bisnis kita tetap berkah.
  • Bayar zakat. Zakat ini sama halnya dengan pajak. Zakat ini untuk mensucikan harta. Dalam setiap harta yang dititipkan pada kita, ada hak orang lain di dalamnya.
  • Doa Ibu. Dalam berbisnis, per an dan dukungan keluarga sangatlah penting. Oleh karena itu, hendaknya meminta rido keluarga khususnya orang tua. Berdoa sebanyak-banyaknya, doa terbaik adalah doa ibu.
  • Kreatifitas. Dalam setiap Bisnis yang kita jalankan, sebisa mungkin ada kreatifitas atau keunikan dari produk yang dibuat agar produk kita gampang diingat oleh orang lain.
  • Innovative. Lakukan beberapa inovasi baik produk, pemasaran, ataupun cara komunikasi dengan pelanggan. Contohnya inovasi yang dibuat oleh RBC. Mereka meluncurkan aplikasi RBC 4.0 yang memungkinkan para pelanggan dapat dengan mudah melakukan pemesanan, transaksi, dan penjualan secara daring. Sebuah terobasan yang mengikuti perkembangan zaman.
  • Kolaborasi. Di jaman now, mengerjakan sesuatu sendiri cukup berat khususnya berbisnis. Jadi, diperlukan Kolaborasi yang baik dengan beberapa pihak. Misalnya kolaborasi antar pegawai, reseller, supplier, dan pihak lainnya yang saling menguntungkan.
  • Networking. Salah satu cara memperluas pergerakan Bisnis adalah networking atau jaringan sosial tidak halnya daring tetapi di dunia nyata. Hal ini memungkinkan terjadinya kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak.

Demikian hal-hal penting yang saya dapatkan dari Seminar Bisnis RBC & AL-FATIH, Ahad 22 September 2019. Semoga bermanfaat:)

Makassar-Barombong,

2 Oktober 2019, 21:41 WITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top