Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding

Bismillahirrahmanirrahim

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy

Sejak mengikuti suatu kegiatan bersama kakak dan menonton fashion show untuk pertama kalinya, saya menjadi lebih antusias mengikuti kegiatan yang sama yakni kegiatan fashion dimana terdapat fashion show yang akan memanjakan mata dengan karya anak bangsa melalui kreasi-kreasi kain baik tradisional maupun modern.
Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan mengikuti Pergelaran tunggal Anne Avantie di Makassar, tepatnya di Hotel Four Point Makassar tanggal 19 September 2017. Acara ini adalah acara pergelaran tunggal pertamanya di Makassar dan kali pertamanya Anne Avantie berkunjung ke Makassar. Pagelaran ini merupakan rangkaian kegiatan dari Pasar Tiban 10 yang berlangsung dari tanggal 15 – 24 September 2017 di Trans Studio Mall, Makassar.

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Undangan dari Bunda Anne Avantie

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Foto bersama teman Founder Makassar Event nih

Demi mengikuti kegiatan ini, saya pun menunda kegiatan lain dan berpartisipasi di sini. Sampai-sampai saya membongkar lemari untuk mengenakan pakaian sesuai dresscode. Meskipun pada akhirnya, saya harus rela pulang duluan karena rumah saya yang letaknya jauh dari tempat pergelaran, kira-kira butuh 1 jam untuk sampai di rumah dengan kendaraan bermotor berkecepatan 40 – 50 km/jam itupun jika tak macet. Sedih rasanya. Namun, apa boleh buat sudah pukul 10 malam dan acara itu berakhir pukul 11 malam. 

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Suasana di Pergelaran Tunggal Anne Avantie di Hotel Four Point Makassar
Untungnya besok bisa bertatap muka dengan beliau dalam acara Workshop “Berbagi Kisah Inspiratif Anne Avantie – Cinta dalam Sepotong Baju”. Selama ini saya hanya tahu bahwa bunda Anne Avantie adalah seorang designer yang namanya terkenal. Namun, saya memang tak begitu tahu mengenai karya-karya beliau. Barulah ketika ada Pasar Tiban ini, saya pun mengenal beliau lebih dekat lewat karya-karyanya dan workshop yang diadakan di Pasar Tiban di hari berikutnya.

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Salah satu koleksi busana yang diperagakan oleh model di Pergelaran Tunggal Anne Avantie
Di workshop tersebut, banyak hal dan pelajaran hidup yang di share oleh bunda. Salah satunya adalah “setiap kita punya rasa lelah ketika kita menyerah”. Kata-kata beliau langsung menusuk di kalbu dan mengingatkan tentang perjuangan panjang yang harus dilalui untuk mencapai keberhasilan. Saya sangat tahu bagaimana rasanya berjuang mengejar mimpi, dan ketika kita merasa lelah di saat itulah kita menyerah.

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Workshop Inspiratif dari Bunda Anne Avantie
Bunda juga mengatakan bahwa “Bahagia tidaknya seseorang itu sejauh pikirannya”. Jadi bahagia tidaknya kita sejauh mana kita mengolah pikiran kita. Selain itu, bunda Anne Avantie adalah sosok yang senantiasa bersyukur. Beginilah ia mengolah pikiran sehingga meskipun karyanya banyak di jiplak orang dari Sabang sampai Merauke ungkap beliau, ia tetap bersyukur karena bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dengan nikmat bakat yang diberikan adalah berkah yang patut disyukuri.

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Beberapa Koleksi Batik yang dijual di Pasar Tiban 10 Makassar
Ia juga sosok yang senantiasa positif dalam ucapan dan pikiran. Ia senantiasa berusaha membuat kata-kata yang keluar dari mulutnya terangkai dengan indah. Contohnya, beliau mengatakan “jangan mengatakan orang lain gemuk tapi katakanlah kurang kurus atau tidak kurus” atau “tidak cantik, bukan jelek”. Ia tak lupa tersenyum jika berbicara dengan orang lain. Ia juga bepesan bahwa Jangan pernah mengejek orang lain karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. So, keep positif.
“Banyak orang yang kekurangan tapi Tuhan memeberikan masa depan tak pernah kurang” – Anne Avantie
Ada banyak hal yang di share oleh Bunda kala itu. Mulai dari sikap ibu-ibu yang minta foto dengan beliau sampe sedikit sejarah pergelaran tunggalnya dapat berlangsung tanpa proposal selembar pun. Inilah adalah pengalaman beliau yang tak perlu saya ungkapkan panjang lebar cukup terukir indah dalam pikiran kami yang hadir kala itu.

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
Bunda memperagakan suatu barang berdasarkan brand. Barang yang di dalam kantongan kresek lebih mahal harganya dibandingkan di dalam kantongan kertas. Namun, treatment yang diberikan berbeda. Yang dalam kantongan dengan brand akan di penggang dengan hati-hati dan bangga, sedangkan dalam kantongan biasa saja (padahal lebih mahal). Itulah kekuatan brand. Packaging & label = Brand.
Ada juga beberapa tips tentang kesuksesan dan branding dari bunda, yuk dibaca:
  • Bersikap kala sukses. Yakinlah bahwa rejeki takkan pernah tertukar. Jadi meskipun karya kita dicontoh yakinlah bahwa setiap karya pasti ada pembeli dan peminatnya masing-masing yang sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. 
  • Karya kita adalah bahasa hati. Jadi harus ada jiwanya. Karya yang diberi cinta akan berbeda dengan karya yang seadanya. Oleh karenanya,  berikan roh dan jiwa pada karya kita.
  • Berpikir positif. Dengki itu menutup rejeki. Orang yang pikirannya negative, idenya takkan bisa berkembang alias macet.
  • Ketika ada cinta dalam sebuah karya maka orang akan merasa bangga menggunakan karya kita.
  • Penampilan adalah salah satu faktor kesuksesan dan inilah yang disebut branding. Branding datang dari diri kita begitupun produk atau karya kita. Penampilannya harus luar biasa dan unik selama itu baik/positif, yang memiliki nilai plus dibandingkan yang lain. “Penampilan adalah sebuah brand yang memiliki ke khasan, yang penting positif” kata bunda Anne.
  • Banyak berbicara, menginspirasi, dan berbagi hal-hal positif. Perbanyaklah berbuat untuk orang lain, jangan terlalu banyak bekerja.
  • Tulislah atau ucapkan kata-kata yang baik walaupun untuk hal-hal yang tidak baik jadi lebih positif. Tak perlu menyampaikan sesuatu kepada orang-orang jika bisa merugikan atau menjatuhkan orang lain. Ingatlah bahwa ada hukum tabur tuai. Berhati-hatilah dalam menjaga branding orang lain, karena apa yang kita tabur bisa kita tuai di kemudian hari. Bisa jadi sesuatu yang tidak baik dan kemudian menjadi viral dan merugikan orang lain, akan terjadi kepada kita atau mungkin keluarga anak cucu kita. Jadi jagalah sikap kita. Ada hal yang perlu dan tidak perlu disampaikan. Ini yang bunda sebut dengan marah beretika, tidak  perlu marah-marah di depan orang lain.
  • Ucapkanlah kata-kata positif karena ucapan adalah doa.
  • Berhati-hatilah terhadap apa yang kita lakukan
  • Selalu percaya bahwa ada kuasa yang melebihi kuasa manusia yakni Kuasa Ilahi yang akan mampu mewujudkan apapun yang kita inginkan. Ia percaya bahwa orang yang lulus smp pun bisa sukses, seperti beliau yang hanya lulusan smp.
  • Jangan menyerah. Orang yang memberikan cinta terhadap karyanya takkan mudah lelah dan menyerah.
Sekian dulu tentang cerita pergelaran dan workshop ini. Bahagia rasanya bisa mengenal dan bertatap langsung dengan beliau. 
Yuk follow blog ini, IG : hervianakamaluddin, dan twitter : @herviana_k untuk mendapatkan informasi menarik lainnya J

Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding Catatan Evhy
See you in next post.. Salam Cinta dari Evhy dan Bunda Anne J

Please, tinggalkan jejakmu di kolom komentar yaa 🙂
wassalamualaikum

Alhamdulillahirabbil`alamin
Makassar-Barombong,

 29 September 2017

evhykamaluddin

0 thoughts on “Selalu Ada Cinta dalam Sepotong Baju Anne Avantie & Tipsnya tentang Sukses dan Branding

  1. Sukaaaak banget ama baju2nya avantie ini.. Tapi kalo liat harganya selalu bikin meringis :D.

    Bener juga sih, kdg kita lbh melihat ke arah bungkusan utk membungkus barangnya. Trlihat mewah, branded ato cuma kresek. Jd inget ada nasabah prioritas di bank tempat aku kerja. Tiap kali dtg k bank, dia selalu pake kaos buluk, sepeda, dan uangnya dibungkus plastik item doang mba. Alasannya pas ditanya, "orang2 ga bakal nyangka saya bawa uang banyak dlm plastik kresek begitu :D"

    Bener sih, tp kok ya aku msh serem aja bayangin bawa uang banyak pake kresek :p..

  2. Pesan2 Bunda Anne dituliskan dengan lengkap di sini, sepertinya pesan2 ini sampai ke lubuk hati terdalam ya? Pesan dari Bunda Anne semuanya bagus2 ya bisa jadi nasihat hidup untuk menghadapi kehidupan yang keras ini *kejamnyakehidupang 😂😂.
    Nice sharing Evhy 👍

  3. baju-bajunya bunda Anne Avantie itu adalah baju yang dipergelarkan kebaya khas Indonesia yang dimodifikasi dan sering dibawa ke ajang kontes kecantikan internasional. tak salah bila harga nya selangit karena untuk sepotong baju membutuhkan kerja keras dan kesabaran agar menghasilkan karya yang indah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *