Buat kamu yang sering nonton drama korea khususnya drama kolosal, pasti tidak asing melihat istana korea selatan. Nah, kali ini kita akan membahas tentang lima istana Korea Selatan yang menarik untuk kamu kunjungi.

Mengenal 6 Istana Korea Selatan

Istana-istana yang akan dibahas kali ini merupakan istana peninggalan Raja Korea pada masa Dinasti Joseon. Salah satu diantaranya merupakan warisan tak benda Korea Selatan yang diakui oleh UNESCO.

Istana Gyeongbokgung

Istana ini merupakan istana pertama Dinasti Joseon yang dibangun pada tahun 1395. Tempat ini juga merupakan istana termegah dari lima istana lainnya di Seoul. Kamu bisa melihat inti dari budaya Korea dengan berkunjung ke sini.

Di dalam istana kamu bisa melihat kantor untuk raja, pejabat, dan tempat tinggal mereka. Di sini juga terdapat Museum Istana Nasional dan Museum Rakyat Nasional. Museum Istana Nasional menampilkan kehidupan para raja-raja dinasiti Joseon, sedang Museum Rakyat Nasional berisikan potret kehidupan masyarakat tradisional Korea.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk berfoto Taman Huwon. Di dalam taman terdapat paviliun Gyeonghoeru yang dianggap sebagai paviliun terindah di Korea. Tempat ini buka mulai jam 9 pagi dan tutup jam 6 sore serta tutup setiap hari Selasa.

Istana Changdeokgung

Istana yang merupakan tempat tinggal raja-raja untuk waktu yang lama dan tempat yang paling terawat diantara Istana Joseon lainnya. Oleh karenanya, Istana ini menjadi salah satu warisan budaya korea yang telah diakui oleh UNESCO. Terdapat banyak jenis spesies bunga dan pohon yang tumbuh di Taman Huwon di istana ini.

Istana Changdeokgung - Istana Korea Selatan
Istana Changgyeonggung – gateway.id

Kamu bisa mendaftar program Moonlight Tour bersama pemandu wisata untuk menikmati pemandangan malam di Istana ini. Program ini diadakan dua kali dalam setahun. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan tradisional di malam hari. Sehari-hari tempat ini beroperasi di jam 9 pagi hingga pukul 6 sore dan tutup setiap Senin.

Istana Changgyeonggung

Istana ini dibangun pada masa periode Joseon di tahun 1483. Sebagian besar dari bangunan istana ini sudah rusak. Namun, kamu masih tetap bisa mengunjungi istana ini dan masih merupakan destinasi untuk kamu bisa berfoto di depan istana bersejarah ini.

Beberapa bangunan seperti Balai Myeongjeongjeon, Daeonsil, dan gerbang istana yang sudah direnovasi masih tetap berada di dalam istana. Balai Myeongjeongjeon merupakan bangunan kayu tertua di masa Joseon. Daeonsil merupakan rumah kaca bergaya barat pertama di masa itu. Gerbang istana yang sudah direnovasi dinamakan Gerbang Honghwamun.

Istana Changgyeonggung - Istana Korea Selatan
Istana Changgyeonggung – cheria-travel.com

Di Istana ini kamu bisa merasakan harmoni alam sehingga sangat indah untuk jadi spot foto sambil menikmati suasana alam. Untuk jam malam hanya dibuka antara bulan Juli dan Agustus. Tempat ini beroperasi dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam dan tutup setiap hari senin.

Istana Unhyeongung

Istana Unhyeongung ini merupakan salah satu lokasi syuting drama Korea Guardian: The Lonely and Great God. Tempat ini memiliki satu bangunan yang bergaya barat dan inilah yang menjadi rumah yang di tempati oleh pemeran utama (goblin) dalam drama tersebut. Di istana ini menawarkan berbagai pertunjukan tradisional seperti upacara pernikahan Korea pada masa dinasti Joseon, upacara minum teh, dan mencoba hanbok (pakaian tradisional Korea).

Istana Unhyeongung - Istana Korea Selatan
Istana Unhyeongung – flickr.com taken by Alex Barrow

Jam operasionalnya adalah jam 9 pagi hingga jam 7 malam dan tutup setiap hari senin.

Istana Gyeonghuigung

Gyeonghuigung merupakan rumah Raja Taejo Yi Seong-gye, pendiri Dinasti Joseon. Istana ini merupakan istana sekunder yang dibangun pada tahun 1671. Meski awalnya terdapat sekitar 100 bangunan di dalam istana ini, tapi sebagian diantaranya rusak bahkan sudah hilang. Kondisi istana saat ini masih aman dan tentram.

Istana Gyeonghuigung - Istana Korea Selatan
Istana Gyeonghuigung – gpsmycity.com

Istana Gyeonghuigung ini buka dari pukul 9 pagi hingga jam 6 sore. Tutup setiap hari Senin dan tanggal 1 Januari setiap tahun.

Istana Deoksugung

Ketika berkunjung ke sini, kamu akan melihat bagaimana budaya istana Kekaisaran Daehan (1897-1910) yang mewah dan elegan. Arsitekturnya merupakan perpaduan budaya tradisional Korea dan modern, seperti Balai Seokjojeon sebagai tempat urusan diplomatik dan Paviliun Jeonggwanheon sebagai tempat istirahat raja.

Istana Deoksugung - Istana Korea Selatan
Istana Deoksugung – tourkekorea.net

Di sini kamu bisa melihat upaca pergantian penjaga kerajaan yang diadakan tiga kali dalam sehari. Tempat ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam dan menjadi satu-satunya istana yang buka hingga malam sepanjang tahun. Istana Korea Selatan ini tutup setiap hari Senin.

Buat teman-teman yang mau menghemat untuk berkunjung ke istana-istana ini, kamu bisa membeli tiket Discover Seoul Pass. Tiket tersebut menawarkan tiket masuk gratis untuk empat istana besar di Seoul. Ada juga diskon untuk tiket masuk ke teater, museum, dan tempat wisata lainnya di Seoul.

Sumber bacaan: Buku Panduan Wisata Korea oleh Korea Tourism Organization

12 views

About Author

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

My name is Evhy, and I am Indonesian. I write about my daily life, food, book, adventure, beauty, fashion, useful information, and many things.
For any question or business inquired please contact me on evhy,project@gmail.com

Instagram: @evhykamaluddin
Check out my portfolio of Art and Photography: karya.evhykamaluddin.com

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enable Notifications OK No thanks