Seiring waktu, Korea Selatan semakin menunjukkan diri sebagai negara ramah muslim. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya restoran yang lebih ramah muslim. Bahkan sudah ada yang menyediakan tempat-tempat sholat. Hal ini tentu sangat memudahkan wisatawan muslim untuk bepergian ke Korea.

Dalam beberapa tahun sejak digalakkan program Korea Ramah Muslim atau Muslim Friendly Korea, sudah ada sekitar 347 restoran yang ramah muslim. Restoran-restoran tersebut tersebar di 15 provinsi di Korea Beberapa diantaranya sudah memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Korean Muslim Federation (KMF).

Instana Korea ramah muslim
Istana Gyeongbokgung di Malam Hari. Sumber: visitkorea

Di Seoul sendiri, terdapat 135 restoran yang memiliki logo muslim friendly dan menjadikannya sebagai Kota yang paling ramah muslim di Korea Selatan. Selanjutnya disusul oleh provinsi Gyeonggi-do yang memiliki 46 restoran ramah muslim. Kemudian Busan menduduki peringkat ke-3 dengan 30 restoran.

Dari segi tempat sholat, saat ini sudah banyak tempat-tempat sholat yang disediakan di ruang publik khususnya tempat-tempat wisata. Berikut beberapa tempat wisata yang memiliki tempat sholat yakni K-style Hub, Lotte World, Lotte Tower and Mall, Lotte Department Store Jamsil Avenue, Coex Mall, Everland, Korean Folk Village, Seoul Land, Eden Hills Beauty  & Healing Park, dan Petit France.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Seoul Miliki Tempat Sholat

Tak ketinggalan, Hotel dan juga Airport sudah selayaknya memiliki fasilitas ini. Hotel-hotel juga menyediakan beberapa restoran yang ramah muslim dan beberapa diantaranya juga memiliki ruang sholat. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan muslim untuk berkunjung ke negeri gingseng tersebut.

Masjid di Korea Selatan
Masjid Pusat Seoul. Source: google

Sekarang bagaimana dengan masjid? Apakah juga sudah banyak di sana? Jangan khawatir, Korea Selatan saat ini sudah memiliki sedikitnya 19 Masjid. Masjid-masjid ini tersebar di beberapa daerah. Dari 19 masjid, 6 diantaranya ada di provinsi Gyeonggi.

Baca juga: Intip 19 Masjid di Korea Selatan Dari Yang Tertua

Oh iya, agar muslim lebih nyaman dan lebih tahu mana saja restoran yang ramah muslim, kalian dapat memperhatikan logo atau stiker yang biasanya ditempel di restoran. Berikut beberapa stiker yang perlu kalian perhatikan.

Korea Tourism Organization (KTO) telah membagi restoran ramah muslim sejak tahun 2016. Restoran ini dibagi menjadi 4 Kategori. Berikut penjelasannya.

Logo muslim friendly korea
Logo muslim friendly korea. Sumber: visitkorea


Nah, setelah mengetahui hal ini, apakah kamu masih khawatir untuk berkunjung ke Korea? Kalau saya sih, sudah tak perlu ragu. Namun, kalau hati kamu masih was-was dan masih harus berpikir dua kali ke Korea, kamu bisa mendownload panduan berikut.

Panduan tersebut akan membantu kamu untuk menentukan destinasi yang ramah muslim selama di Liburan ke Korea. Kamu juga bisa menghubungi kantor KTO setiap saat bila ada hal yang masih ingin ditanyakan. Untuk informasi terupdate bisa langsung berkunjung ke websitenya di www.visitkorea.or.id. 

84 views

About Author

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

My name is Evhy, and I am Indonesian. I write about my daily life, food, book, adventure, beauty, fashion, useful information, and many things.
For any question or business inquired please contact me on evhy,project@gmail.com

Instagram: @evhykamaluddin
Check out my portfolio of Art and Photography: karya.evhykamaluddin.com

You might also enjoy:

8 Comments

  1. Aku ngerasain sendiri kok Korsel memang tempat yg ramah muslim. Walopun aku ga segitunya harus nyari yg bener2 halal, tp setidaknya ga susah kalo nyari yg halal certificate di sana. Apalagi daerah Itaewon. Tiap ke Seoul, kalo lagi pengen yg beneran halal, aku pasti larinya ke Itaewon Krn pusat muslimnya di sana :D.

    Jadi kangeeen deh ke Korsel lagi. Biasanya aku kesana kalo sedang main ke Jepang mba. Biar sekalian, Krn jepang-korsel kan LBH Deket, dan tiket pesawat juga lebih murah jadinya.

  2. smart move bagi parwisata Korea supaya lebih muslim friendly, secara pangsa pasar pengunjung dari negara muslim meningkat seiring dengan sebaran kebudayaan kpop dll di negara muslim seperti Indonesia, Malaysia. Dan orang kita spend money lho, belanja dan kulineran disana, sayang kalau dilewatkan

  3. Wow, bisa jadi pilihan liburan kalau sudah ramah muslim begini, euy… Sudah lama kepingin liburan ke korea selatan. APalagi sejak nonton youtube channelnya kimbab family. Rasanya makin pingin pas tahu jadi ramah muslim begini.

  4. Masya Allah ya .. salut dengan keinginan Korsel untuk menjadi negara yang wisatanya “ramah muslim” karena di Indonesia, tak semua daerah mau seperti itu.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enable Notifications    OK No thanks