Musim semi memang selalu identik dengan bunga-bunga yang bermekaran. Negara-negara dengan empat musim akan selalu mendapati pemandangan menyegarkan dan warna-warni dari bunga-bunga dan pepohonan yang subur di musim ini. Salah satunya adalah Korea Selatan. 

Meski kita masih dalam kondisi melawan virus Covid-19, hal ini tak harus membuat kita untuk lupa akan keindahan alam musim semi. Oleh karenanya, berikut rekomendasi aktivitas musim semi Korea Selatan.

1. Bersepeda di Jalur Bunga Sakura

Untuk tahun 2021, ada tiga jenis bunga yang bermekaran mulai dari akhir maret, yaitu Cherry blossom (Sakura), Forsythia, dan Azalea.  Ketiganya bisa kalian nikmati di berbagai daerah seperti Pulau Jeju, Gwanju, Busan, Daegu, Jeonju, Daejong, Cheongju, Gangneung, Chuncheon, dan Seoul.

Bunga Musim Semi Korea Selatan
Bunga Musim Semi Korea Selatan

Menikmati bunga-bunga yang bermekaran ini sepertinya akan seru bila berkeliling dengan sepeda. Salah satu rekomendasi tempat untuk bersepeda, yakni sepanjang jalur bunga cherry blossom Seomjinggang di area Muncheok-myeon, Gurye-gun, Jeollanam-do. Sebenarnya banyak jalan yang bisa kamu lalui untuk bersepeda menikmati pemandangan bunga bermekaran. Kamu bisa memilih yang terdekat dari tempat tinggalmu ketika berada di Korea Selatan.

jalur bunga cherry blossom Seomjinggang
Jalur Bunga Sakura Seomjinggang

2. Mengunjungi Festival Bunga

Semenjak Korona melanda seluruh belahan dunia termasuk Korea Selatan, banyak sekali festival yang ditutup. Sedih banget kan ya!

Untungnya tahun ini akan dibuka salah satu Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo 2021. Festival ini akan berlangsung secara offline dari tanggal 5 – 11 April pada pukul 11.00 – 21.30. Setiap harinya aka nada pertunjukan selama 1 jam 30 menit.

Festival Bunga Musim Semi Korea Selatan Yeouido Yeongdeungpo
Festival Bunga Musim Semi Yeouido Yeongdeungpo

Buat kamu yang tidak sempat mengikuti festival secara langsung, jangan berkecil hati. Kamu masih berkesempatan mengikuti Festival secara online dari tanggal 5 – 30 April. Silakan kunjungi websitenya di www.blossom.or.kr tersedia dalam bahasa korea.

Yah, ngga ngerti bahasa korea 🙁 

Kamu bisa memanfaatkan teknologi jaman now, untuk mentraslate. Biasanya di google translate bisa mentranslate halaman website. Yuk! Semangat!

3. Minum teh sambil menikmati harumnya Bunga bermekaran

Berbicara masalah musim semi, tidak lengkap rasanya jika melewatkan keindahannya sambil minum teh di halaman. Menghirup wewangian bunga di pagi hari dapat membawa kesejukan batin tersendiri. 

Ssangsanje Musim Semi Korea Selatan
Minum teh di Ssangsanje

Salah satu tempat yang sangat recomended untuk menikmati indahnya bunga sambil minum teh adalah di Ssangsanje yang ada di Jeollanam-do. Ssangsanje merupakan kumpulan rumah tradisional yang dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan. Kabarnya tempat ini sangat cocok untuk para warga asing yang baru tinggal di Korea, agar dapat merasakan budaya Korea.  

Ssangsanje
Suasana di sekitar Ssangsanje

4. Menikmati perjalanan dengan Bus City Tour 

Melihat kota di musim semi tentu pilihan yang cukup menarik. Apalagi dengan adanya fasilitas bus khusus untuk tur dalam kota. Buat kamu yang berkunjung ke Korea, sekarang Bus layanan City Tour untuk Seoul dan Busan sudah Kembali beroperasi, lho! Tentu saja dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan dan terbatas.

Seoul City Tour - musim semi korea selatan
Bus Seoul City Tour

5. Mengunjungi Museum Istana Kerajaan di Malam Hari

Gimana sih ke indahan istana kerajaan Korea di Malam hari? Pasti pada penasaran kan?

Kebetulan banget nih selama bulan April hingga akhir Mei 2021, kamu bisa berkunjung ke acara Kunjungan Malam Spesial Istana Gyeongbokgung. Tiap harinya hanya akan ada 2000 orang yang boleh berkunjung. Di sana juga akan diadakan Festival Budaya Kerajaan yang akan berlangsung mulai tanggal 1 – 9 Mei 2021. 

Istana Gyeongbokgung
Istana Gyeongbokgung di Malam Hari

Info lebih lanjut bisa kamu lihat melalui situs web www.royalpalace.go.kr (tersedia dalam bahasa Korea dan bahasa Inggris)

6. Mengunjungi pameran Hanbok

Spring Hanbok Cultural Week akan diadakan pada tanggal 9 – 18 April 2021. Oleh karenanya, ini bisa jadi salah satu alternatif kegiatan. Jika kamu termasuk dalam salah satu dari 1000 orang pertama yang menggunakan Hanbok, kamu dapat menikmati menonton film secara gratis. Outfit dari BTS juga akan didisplay di sana lho! Wah, kesempatan emas banget ya. 

Pameran Hanbok
Pameran Hanbok

Kegiatan ini akan berlangsung di Dongdaemun Design Plaza (DDP).

7. Menikmati perjalanan Monorel

Melihat pemandangan gunung seperti akan menjadi hal yang menyenangkan di musim semi. Apalagi dengan fasilitas monorel yang bisa menunjukkan berbagai pemandangan indah di sekitarnya. 

Monorel Pemandangan Cheongpungho
Monorel Pemandangan Cheongpungho

Salah satu fasilitas yang dapat kamu nikmati adalah Monorel Pemandangan Cheongpungho. Area yang dapat dilihat dalam perjalanan ini adalah Dogok-ri, Jecheon-si, sampai Gunung Bibongsan yang memiliki ketinggian 531 m.  Dengan monorel, kamu dapat menghemat waktu. Jika berjalan kaki dari Dogok-ri ke Puncak Gunung Bibongsan akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam, tetapi hanya membutuhkan waktu 20 menit menggunakan monorel.

8. Berkunjung ke Pusat Kegiatan Kehutanan

Pusat Kegiatan Kehutanan Jangseong Gunung Chungnyeongsan
Pusat Kegiatan Kehutanan Jangseong – Gunung Chungnyeongsan. Sumber gambar: Korean Tourism Organization (KTO)

Bagaimana pendapatmu tentang berkunjung ke hutan? Di Korea selatan tepatnya di Gunung Chungnyeongsan terdapat Pusat Kegiatan Kehutanan Jangseong. Di sana kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti eco tour, relationship building, membuat kerajinan, hingga relaksasi tubuh dan pikiran. Hmmm, sepertinya bagus juga buat jadi penghilang penat di tengah riuhnya aktivitas kota. 

Pusat Kegiatan Kehutanan Jangseong Gunung Chungnyeongsan
Aktivitas Pusat Kegiatan Kehutanan Jangseong – Gunung Chungnyeongsan. Sumber gambar: KTO

9. Jalan-jalan seru online dari Rumah

Mungkin kebanyakan dari kalian saat ini tak dapat mengunjungi Korea secara langsung. Jangan bersedih! Kamu masih bisa kok jalan-jalan seru secara online dari rumah kamu. Musim semi terlalu indah untuk dilewatkan. Oleh karenanya, tetap harus semangat untuk menikmatinya meski dari rumah sekalipun.

Sekarang kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata di Korea secara online dengan mengikuti program K Tour Top 10. Program ini adalah paket perjalanan online yang disedikan untuk warga asing dengan 39 wilayah pilihan yang dikategorikan ke dalam sepuluh tema. Bahasa pengantarnya digunakan dalam bahasa inggris. Kamu dapat menikmati pengalaman seperti berkunjung ke Korea langsung. 

Kktop10 - musim semi di rumah
Website K Tour Top 10

Silakan berkunjung ke viator.com, kkday.com, dan ktourtop10.kr. 

10. Menikmati makanan musim semi Korea Selatan

Bukan hidup namanya kalau tidak membahas soal makanan. Ngomongin soal makanan, ada lho makanan khusus musim semi. Di musim ini kamu bisa menikmati makanan seperti Seongge bibimbap, Jarimulhoe, Momguk, Seodaehoe muchim, Kkotgesal bibimbap, Daetongbap, dan Home-style baekban.

Masakan musim semi Korea
Masakan musim semi Korea Selatan. Sumber gambar: KTO

Baca juga : 7 Makanan khas musim semi Korea Selatan

Nah, kamu mau coba yang mana saja nih? Kalau perlu sih semua ya. Jika kamu jalan-jalan jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya.

Sumber bacaan: Website Korean Tourism Organization (KTO)

17 views

About Author

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh :)

My name is Evhy, and I am Indonesian. I write about my daily life, food, book, adventure, beauty, fashion, useful information, and many things.
For any question or business inquired please contact me on evhy,project@gmail.com

Instagram: @evhykamaluddin
Check out my portfolio of Art and Photography: karya.evhykamaluddin.com

You might also enjoy:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Enable Notifications    OK No thanks